Selasa, 15 November 2016

Analisis terhadap JD.ID sebagai Salah Satu Sistem Online E-commerce

Perdagangan atau kegiatan bisnis saat ini sangat berkembang, didukung pula oleh teknologi yang semakin canggih. Banyak perusahaan, badan maupun individu yang tertarik untuk memanfaatkan peluang ini, sehingga banyak bermunculan e-commerce atau penjualan dengan sistem online. Mulai dari perdagangan lingkup kecil hingga perdagangan dalam lingkup yang lebih besar. Selain itu, masyarakat atau konsumen lebih tertarik  dan memilih penjualan dengan sistem online.  Ini pula yang menyebabkan menjamurnya e-commerce atau online shop di pasar global, tidak terkecuali di Indonesia.

Salah satu e-commerce yang ada di Indonesia JD.ID yang merupakan perusahaan Mall Online yang beropersi di Jakarta. JD.ID dibentuk sebagai kerjasama JD.com dengan Provident Capital. JD.com adalah salah satu toko online terbesar di China secara jumlah transaksi dan menjadi rival terbesar Alibaba, sang pemimpin pasar China. Sedangkan Porvient Capital adalah perusahaan investasi terbesar di Asia Tenggara di berbagai industri. JD.ID pertama kali beropersi di Indonesia pada November 2015.

Pada awalnya JD.ID hanya fokus menyediakan produk elektronik dan smartphones yang sulit ditemukan salah satunya seperti iPod Pro dari Apple. Saat ini mereka memiliki 11 kategori pilihan produk untuk dijual yang akan terus bertambah seiring dengan perkembangan usahanya di Indonesia. Ragam kategori produknya bervariasi mulai dari ibu dan anak, smartphones, laptop dan aksesoris, perangkat kantor dan jaringan, kamera, perangkat elektronik dan peralatan rumah, Kesehatan dan kecantikan, fashion, hingga luxury.

JD.ID mengemban misi ‘make the joy happen’ (menghadirkan kebahagiaan) kepada seluruh pelanggan di Indonesia dengan memberikan layanan andal, cepat, aman untuk memilih serangkaian produk-produk berkualitas asli dengan harga yang kompetitif. Dengan memanfaatkan armada logistik miliknya sendiri serta didukung oleh jaringan mitra di seluruh Indonesia, JD.ID dapat menyediakan layanan antar yang cepat dan dapat diandalkan di seluruh wilayah Indonesia. Dengan nilai-nilai kompetitifnya, JD.ID bertujuan untuk menjadi perusahaan e-commerce yang paling populer dan terpercaya dengan terus-menerus berupaya menghadirkan layanan dan beraneka ragam produk kepada seluruh penguna dan pelanggannya di Indonesia.

Untuk memudahkan konsumen membeli produknya, JD.ID pun menyediakan aplikasi mobile resmi untuk smartphones yang tersedia di google play. Bekerjasama pula dengan bank-bank yang ada di Indonesia untuk memudahkan konsumen melakukan pembayaran. Selain itu, mereka juga melakukan beberapa program diskon untuk menarik pelanggan.

      JD.ID merupakan sebuah e-commerce yang tergolong ke dalam B2C (Bussines to Customer). Hal ini dikarenakan JD.ID mempunyai alamat web tersendiri dan menjual barang atau produknya secara langsung ke konsumen. Dari barang-barang yang ditawarkan, konsumen dapat memilih dan langsung memesan setelah sebelumnya membuat akun dengan mendaftarkan diri dengan mengisi form pendaftaran yang telah disediakan. Selain itu, konsumen juga dapat memilih sendiri metode pembayaran yang diinginkan.

JD.ID merupakan e-commerce dengan kegiatan utama menjual barang atau produk yang disediakan olehnya. Maka dapat disimpulkan bahwa model bisnis dari JD.ID yaitu E-tailer, yang artinya penjualan produk secara ritel atau eceran melalui internet. Sesuai dengan kegiatan utama usahanya, JD.ID mendapatkan penghasilan yang cukup besar dari hasil penjualan produk-produknya seperti kamera, alat elektronik, dan yang lainnya. Meskipun masih tergolong baru, JD.ID sudah mulai banyak diminati oleh konsumen terbukti dengan meningkatnya jumlah produk yang ditawarkan dari 10.000 SKU pada tahun 2015 menjadi sekitar 100.000 SKU pada pertengahan tahun 2016. JD.ID juga menyediakan jasa pengiriman yang menjangkau 365 kota di seluruh Indonesia dengan ribuan armada yang siap mengantarkan langsung kepada para pelanggannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar