Perdagangan atau kegiatan
bisnis saat ini sangat berkembang, didukung pula oleh teknologi yang semakin
canggih. Banyak perusahaan, badan maupun individu yang tertarik untuk
memanfaatkan peluang ini, sehingga banyak bermunculan e-commerce atau penjualan dengan sistem online. Mulai dari perdagangan
lingkup kecil hingga perdagangan dalam lingkup yang lebih besar. Selain itu, masyarakat
atau konsumen lebih tertarik dan memilih
penjualan dengan sistem online. Ini pula
yang menyebabkan menjamurnya e-commerce atau
online shop di pasar global, tidak
terkecuali di Indonesia.
Salah satu e-commerce yang ada di Indonesia JD.ID yang merupakan
perusahaan Mall Online yang beropersi di Jakarta. JD.ID dibentuk sebagai kerjasama
JD.com dengan Provident Capital. JD.com adalah salah satu toko online terbesar
di China secara jumlah transaksi dan menjadi rival terbesar Alibaba, sang
pemimpin pasar China. Sedangkan Porvient Capital adalah perusahaan investasi
terbesar di Asia Tenggara di berbagai industri. JD.ID pertama kali beropersi di
Indonesia pada November 2015.
Pada awalnya JD.ID hanya fokus menyediakan produk elektronik
dan smartphones yang sulit ditemukan salah satunya seperti iPod Pro dari Apple.
Saat ini mereka memiliki 11 kategori pilihan produk untuk dijual yang akan
terus bertambah seiring dengan perkembangan usahanya di Indonesia. Ragam
kategori produknya bervariasi mulai dari ibu dan anak, smartphones, laptop dan
aksesoris, perangkat kantor dan jaringan, kamera, perangkat elektronik dan
peralatan rumah, Kesehatan dan kecantikan, fashion, hingga luxury.
JD.ID
mengemban misi ‘make the joy happen’ (menghadirkan kebahagiaan) kepada seluruh
pelanggan di Indonesia dengan memberikan layanan andal, cepat, aman untuk
memilih serangkaian produk-produk berkualitas asli dengan harga yang
kompetitif. Dengan memanfaatkan armada logistik miliknya sendiri serta didukung
oleh jaringan mitra di seluruh Indonesia, JD.ID dapat menyediakan layanan antar
yang cepat dan dapat diandalkan di seluruh wilayah Indonesia. Dengan
nilai-nilai kompetitifnya, JD.ID bertujuan untuk menjadi perusahaan e-commerce
yang paling populer dan terpercaya dengan terus-menerus berupaya menghadirkan
layanan dan beraneka ragam produk kepada seluruh penguna dan pelanggannya di
Indonesia.
Untuk
memudahkan konsumen membeli produknya, JD.ID pun menyediakan aplikasi mobile
resmi untuk smartphones yang tersedia di google play. Bekerjasama pula dengan
bank-bank yang ada di Indonesia untuk memudahkan konsumen melakukan pembayaran.
Selain itu, mereka juga melakukan beberapa program diskon untuk menarik
pelanggan.
JD.ID merupakan sebuah e-commerce yang tergolong ke dalam B2C (Bussines to Customer). Hal ini
dikarenakan JD.ID mempunyai alamat web tersendiri dan menjual barang atau
produknya secara langsung ke konsumen. Dari barang-barang yang ditawarkan,
konsumen dapat memilih dan langsung memesan setelah sebelumnya membuat akun
dengan mendaftarkan diri dengan mengisi form pendaftaran yang telah disediakan.
Selain itu, konsumen juga dapat memilih sendiri metode pembayaran yang
diinginkan.
JD.ID
merupakan e-commerce dengan kegiatan
utama menjual barang atau produk yang disediakan olehnya. Maka dapat
disimpulkan bahwa model bisnis dari JD.ID yaitu E-tailer, yang artinya penjualan produk secara ritel atau eceran melalui
internet. Sesuai dengan kegiatan utama usahanya, JD.ID mendapatkan penghasilan
yang cukup besar dari hasil penjualan produk-produknya seperti kamera, alat
elektronik, dan yang lainnya. Meskipun masih tergolong baru, JD.ID sudah mulai
banyak diminati oleh konsumen terbukti dengan meningkatnya jumlah produk yang
ditawarkan dari 10.000 SKU pada tahun 2015 menjadi sekitar 100.000 SKU pada
pertengahan tahun 2016. JD.ID juga menyediakan jasa pengiriman yang menjangkau
365 kota di seluruh Indonesia dengan ribuan armada yang siap mengantarkan
langsung kepada para pelanggannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar