Selasa, 29 November 2016

Perbedaan General Control dan Application Control

1.  Pengendalian Umum
Pengendalin Umum (General Control) adalah kebijakan dan prosedur yang berhubungan dengan aplikasi sistem informasi dan mendukung fungsi dari application control dengan cara membantu menjamin keberlangsungan sistem informasi yang ada. Pengendalian umum mencakup pengendalian terhadap tata kelola teknologi informasi (IT Governance), infrastruktur teknologi informasi (IT Infrastructure), pengamanan dan akses ke sistem operasi dan database, pengembangan dan pemeliharaan sistem aplikasi, dan pengubahan program. Tujuannya untuk menjamin pengembangan dan implementasi aplikasi secara tepat, serta menjamin integritas dari program, data files dan operasi komputer.
Pengendalian umum tidak mengendalikan transaksi yang spesifik, pengendalian tersebut memiliki pengaruh pada integritas transaksi. Sebagai contoh yaitu mempertimbangkan organisasi dengan pengendalian keamanan database yang kurang baik. pada sebuah situasi, meskipun data diproses oleh sistem dengan pengendalian aplikasi yang dibangun memadai bisa jadi ada risiko. seorang individu yang dapat menghindari keamanan database (langsung maupun melalui program) kemudian mengubah, mencuri atau merusak penyimpanan data transaksi. Oleh karena itu, pengendalian umum diperlukan dalam menjalankan fungsi dari pengendalian aplikasi dan keduanya diperlukan untuk menjamin keakuratan laporan keuangan.

2.  Pengendalian Aplikasi

Pengendalian Aplikasi (Application Control), dimaksudkan untuk memberikan kepastian bahwa pencatatan, pengklasifikasian, dan pengikhtisaran transaksi sah serta pemutakhiran file-file induk akan menghasilkan informasi yang akurat, lengkap, dan tepat waktu.  Pengendalian aplikasi ini di bagi menjadi tiga kategori yaitu, Pengendalian atas masukan, Pengendalian atas pengolahan dan file data komputer, serta Pengendalian atas keluaran (Output). Adapun tujuan dari pengendalian aplikasi yaitu untuk menjamin keandalan input, file, program dan output. 


Sumber: James A. Hall_Accounting Information System

Tidak ada komentar:

Posting Komentar